About Us



Want to be like you who have the spirit to master the internet from a slightly
 

Friday, May 22, 2009

Empat langkah utama dalam PTK

Empat langkah utama dalam PTK membentuk satu kesatuan yang dinamakan satu siklus. Empat langkah itu adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Perencanaan (planning)

Pada kegiatan perencanaan meliputi :

1. identifikasi masalah

2. analisis penyebab adanya masalah

3. pengembangan bentuk tindakan (aksi) sebagai pemecahan masalah

Dari sisi identifikasi masalah harus diperhatikan :

1. Masalah harus benar-benar terjadi dan dirasakan oleh guru pada saat

    melaksanakan tugas (on the job problem oriented)

2. Problematik, masalah perlu dipecahkan berkaitan dengan tanggung jawab,

    kewenangan dan tugas seorang guru

3. Memiliki manfaat yang jelas bagi siswa dan guru

4. Dapat dipecahkan oleh guru selaku pelaksana penelitian tindakan kelas

Setelah masalah didapatkan, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi penyebab munculnya masalah. Kemudian melakukan analisis terhadap penyebab adanya masalah yang akan dijadikan landasan berpikir untuk mencari alternatif suatu tindakan (aksi) yang dapat dikembangkan sebagai bentuk solusi atau pemecahan masalah.

Tindakan (acting)

Pada tindakan ini, perlu dipertimbangkan :

1. Apakah tindakan (aksi) yang dipilih telah mempunyai landasan berpikir yang

    mantap, baik secara kajian teoritis maupun konsep?

2. Apakah alternatif tindakan (aksi) yang dipilih dipercayai (diasumsikan) dapat

    menjawab permasalahan yang muncul?

3. Bagaimanakah cara melaksanakan tindakan (aksi) dalam bentuk strategi

    langkah-langkah setiap siklus dalam proses pembelajaran di kelas.

4. Bagaimana cara menguji tindakan (aksi) sehingga dapat dibuktikan telah

   terjadi perbaikan kondisi dan peningkatan proses dalam kegiatan

   pembelajaran di kelas yang diteliti?

Jawaban sementara setiap pertanyaan itu disebut hipotesis tindakan. Maksudnya adalah alternatif tindakan (aksi) yang dipandang paling tepat atau dipercaya oleh peneliti akan mampu memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Kemudian guru mengimplementasikan tindakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran yang sudah dibuat.

Observasi (observing)

(bersambung)

0 comments:

Post a Comment

 
 

Copyright  ©  UP DATE SUBANINDRO