About Us



Want to be like you who have the spirit to master the internet from a slightly
 

Friday, May 22, 2009

Mengapa harus Penelitian Tindakan Kelas?

Guru yang profesional adalah guru yang mahir di dalam kelas. Guru yang mahir dalam kelas adalah guru yang senantiasa menjiwai secara detail dalam kelas. Guru yang cakap dalam memilih strategi untuk meningkatkan keberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas. Guru yang mendalami dan bersikap kritis terhadap apa yang sebenarnya terjadi berhubungan dengan proses kegiatan siswa dan dirinya sendiri di kelas setiap hari.

PTK

PTK adalah kependekan dari Penelitian Tindakan Kelas. Dalam bahasa inggrisnya adalah classroom action research. Ialah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran.

Dalam PTK diperbolehkan seorang guru meneliti atau bekerjasama secara kolaboratif dengan guru lain atau peneliti lain. Namun ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, jangan sampai penelitian itu justru mengorbankan kegiatan dalam proses pembelajaran. Disinilah pentingnya guru memiliki manajemen yang tepat, kapan ia harus mengambil tindakan dan kapan ia harus melakukan pengamatan dalam proses penelitian.

Ada 4 pilar dalam PTK :

1. Planning, yakni merumuskan masalah dan merencanakan tindakan.

2. Acting dan observing, yakni melaksanakan tindakan dan pengamatan.

3. Reflecting, yakni merefleksikan hasil pengamatan.

4. Replanning, yakni melakukan perbaikan atau perubahan perencanaan demi

    pengembangan tingkat keberhasilan.

0 comments:

Post a Comment

 
 

Copyright  ©  UP DATE SUBANINDRO