UP DATE SUBANINDRO
About Us



Want to be like you who have the spirit to master the internet from a slightly
 

Monday, June 30, 2008

MENJADI GURU YANG BAIK



MENJADI GURU YANG BAIK

Oleh : Subanindro, S.Pd.*

Guru yang baik adalah dambaan bagi setiap orang tua, pengelola pendidikan, masyarakat dan pemerintah. Ini bisa dicapai melalui pengkondisian sistem. Sistem yang baik mampu mengkondisikan para guru sehingga mampu produktif dan berprestasi. Sebelum masuk sistem guru pada awalnya biasa-biasa saja. Namun setelah masuk dalam sistem yang baik, subhanallah, para guru tersebut berubah total menjadi semakin baik. Menciptakan sistem yang baik ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Semuanya berawal dari seorang sebagai motor atau penggerak. Lebih tepatnya lagi adalah sebagai pioner perubahan. Para guru yang masuk dalam sistem tersebut tidak pernah merasa digurui, tetapi secara tidak langsung mereka mendapatkan angin-angin segar dari lingkungan sekitarnya. Secara tidak sengaja mereka akan dengan sendirinya berubah menjadi yang diinginkan sistem itu. Pertanyaan sekarang adalah bagaimana membuat sistem yang baik itu. Setidaknya ada 4 hal yang harus dikemukakan. Pertama, pioner harus memperbarui konsep sehingga ter up date secara matang. Kedua, bangunan sekolah harus senantiasa diperbagus. Ketiga, ada kejelasan hak dan wewenang bagi warga sekolah. Keempat, menciptakan situasi brave karena benar.


Konsep Up date dari pioner
Tak disangka setiap perubahan besar apapun biasanya diawali dari seorang pioner yang memiliki konsep yang ter up date setiap harinya. Konsep yang ter up date tadi akan ia bukukan sedemikan rupa sehingga setiap pengakses terinspirasi dari setiap tulisan yang dikeluarkan oleh pioner tadi. Para guru akan senantiasa membaca tulisan pioner setiap harinya. Ada info apalagi hari ini, ada info apa lagi esok. Tulisan apa saja yang telah dikeluarkan oleh pioner selalu diaksesnya. Pojok-pojakan setiap tulisan ingin dihabisi dan dibaca semuanya. Ini menuntut seorang pioner untuk gemar membukukannya. Karena ia tahu, setiap tulisannya akan mempengaruhi jiwa para guru-gurunya. Seorang pioner tidak harus seorang pengelola. Seorang pioner tidak harus dari kepala sekolah. Seorang pioner tidak harus datang dari seorang komite. Akan lebih baik lagi kalau semuanya nantinya siap menjadi pioner. Kita ucapkan salut bagi komunitas seperti ini. Nah, dari sini akan terbukti dan teruji seorang pioner tadi sehingga menjadi trendsetter bagi setiap perubahan di lingkungannya. Apa yang mesti diperbaiki. Apa yang mesti dilengkapi. Setiap administrasi sekolah semuanya berbondong-bondong dengan sehati ingin segera mereka lengkapi. Tidak perlu menunda-nunda setiap apa yang belum terkerjakan. Mereka semuanya merasa terlibat dalam sistem itu. Mereka tidak pernah berada di luar sistem. Tetapi mereka dengan antusias memperbaiki sistem itu. Semuanya tidak ada perasaan bersalah karena mereka sadar bahwa sebuah keberhasilan adalah keberhasilan sistem. Semuanya akan melihat bahwa keberhasilan adalah keberhasilan bersama. Meski semuanya dari seorang pioner tunggal.

Bangunan yang keren
Tidak harus yang mewah memang. Namun kenyamanan harus tetap terjaga. Image kokoh dan bersih harus tetap terjaga. Orang datang ke sekolah tersebut selalu bilang 'subhanallah bangunannya bagus sekali'. Setiap orang yang berkunjung ke sekolah tersebut akan mudah terinspirasi dari sana. Inspirasi kebaikan akan senantiasa muncul dari sana. Image orang pintar selalu bilang 'aduh bangunannya keren'. Menciptakan image yang seperti ini perlu penjagaan yang luar biasa dari setiap warga sekolah. Sampah tidak boleh ada yang berserakan. Setiap ada bekas botol selalu disimpan dengan baik. Setiap ada bekas gelas plastik akan diamankan. Setiap ada sampah kering dan basah selalu dipisahkannya. Meskipun ada yang belum sempat mengambilnya sampah tersebut setiap warga sekolah sadar mengambilnya meski sebelum pulang bersama. Orang tergerakkan penuh inspirasi. Suasana sehat lagi bersih akan senantiasa muncul setiap hari. Tidak terkecuali air selalu terperhatikan selalu. Karena air merupakan hal yang vital bagi kenyamanan bersama. Setiap warga sekolah memiliki pikiran tidak nyaman sebelum air untuk toilet tersedia. Apakah bangku, meja kursi sudah rapi selalu menjadi dominannya. Apakah jendelanya sudah tertutup rapat sebelum pulang. Apakah pintu-pintu sudah terkunci betul. Pastikan setiap mau pulang selalu melihat, apakah gedung bangunan sekolah kita sudah keren sebelum kami pulang ke rumah masing-masing. Tidak ada lagi kata manja untuk penjaga kebersihan sekolah oleh karena warga sekolah sudah sadar kebersihan ini. Sama sekali tidak boleh lupa. Karena pekerjaan kebersihan selalu ada image dengan bangunan keren. Bangunan keren bisa berawal dari pioner tukang sampah sekalipun.

Hak dan kewajiban warga sekolah sejelas-jelasnya
Tidak ada keraguan di dalam melangkah untuk maju. Semuanya harus terkonsep baik hak dan kewajiban bagi setiap warga sekolah. Sedetil-detilnya tergambar dengan jelas. Orang akan dengan sadar tidak saling iri hati dan dengki. Tetapi orang sebagai warga sekolah bekerja dengan penuh kecintaan. Warga sekolah menyadari karena setiap apa yang dikerejakannya dalah tugas mulia yang berbuah pahala. Maka dari itu, setiap ada yang split sedikit kita arahkan lagi bahwa pekerjaan ini pahalanya besar sekali. Orang kebanyakan kadang tidak paham masalah konsep pahala ini. Maka dari itu kawan-kawan harus senantiasa mengorientasikan kepada amal kebajikan yang bermuara kepada pahala yang tak terhingga. Meski demikian secara pribadi setiap warga sekolah mersa terhargai oleh hak-haknya. Hak-hak warga terperinci dan selalu di up date terus menerus sehingga ada keadilan terus menerus. Siapa tahu dibelakang hari ada sesuatu yang kurang mengenakkan sistem. Demikian juga untuk kewajiban-kewajiban bagi setiap warga sekolah seperti apa harus terpartisi dengan gamblang. Agar setiap warga mampu mengontrol tanpa harus takut terhadap seseorang. Karena warga dalam sistem dilindungi oleh hak dan kewajiban. Nah, ini akan muncul jika ada panduan yang teratur dari bagian kepegawaian.

Kondisi brave karena benar
Tidak takut terhadap siapapun kecuali kepada Allah SWT. Itulah inspirasi yang dahsyat. Warga sekolah menerapkan konsep amar ma'ruf nahi munkar dengan jelas. Warga sekolah semunya terkondisi dengan santai, happy tanpa ada intimidasi atau tekanan dari siapapun. Semuanya berbasis karena kinerja yang baik. Para guru sebagai konteknya adalah brave dalam mengeluarkan suara hatinya. Mereka sadar demi kebaikan dan kemajuan bersama dalam dunia pendidikan. Para guru cakap sosial dan cakap tanggungjawabnya di kelas. Mereka tidak mudah meninggalkan kelas tanpa alasan yang dibenarkan. Para guru sanggup bekerja karena ibadah full setiap harinya. Kesan yang mendalam dari para orang tua yang telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di sekolah ditangkap oleh para guru dengan hati yang senang dan tenang. Mereka berharap setiap apa yang telah diperbuat dalam lingkungan sekolah adalah menjadi contoh suri tauladan dari lingkungan terkecilnya. Para guru yang ingin beribadah tanpa dihantui trasa takut dan salah. Namun mereka sangat semangat dengan keilmuannya demi mewariskan generasi yang penuh gemilang. Dengan semangat brave atau berani karena benar.

Karena itulah, saudaraku seluruh pembaca tulisan ini, marilah kita senantiasa ikut mensosialisaikan sebagian inspirasi ini semoga menjadi lebih bermanfaat. Kuatkan tekat untuk selalu menjadi motor penggerak terdepan. Jadilah kita sebagai inspirator perubahan terbaik. Semuanya harus diawali dari yang paling kecil. Semuanya harus diawali dari sekarang. Semuanya diawali dari yang paling mudah. Untuk itu tetap semangat meraih masa depan generasi kita yang penuh gemilang. Bukan saatnya lagi kita berbicara yang kontraproduktif terhadap upaya perbaikan di lingkungan kita ini. Apa yang kita lakukan ini semata-mata untuk mendapatkan keridhaan Allah semata. Wahai saudaraku, cukuplah diri kita ini sebagai pesuruh yang ikhlas tanpa balas jasa sedikit jua pun. Semuanya Allah yang Maha Kuasa akan mengganjar amal kebaikan kita ini. Kalau kita benar melaksanakan tugas mulia yang telah diamanahkan kepada kita maka sudah pasti kita pada rel yang benar. Dan jika kita ikhlas melaksanakan semua itu maka kita akan dengan mudah mendapatkan predikat amal salih/ah. Secara tidak langsung kita telah menyumbang dan menbentuk guru yang baik. Insya Allah. Siapa mau?


*Guru SDNIBI Kota Banjarbaru
Email : informasi000@yahoo.co.id

0 comments:

Post a Comment

 
 

Copyright  ©  UP DATE SUBANINDRO