About Us



Want to be like you who have the spirit to master the internet from a slightly
 

Tuesday, May 19, 2009

Mari meneliti

Jangan dibayangkan sulitnya kalau mau meneliti, tetapi bayangkan mudahnya. Kita tinggal menjalankan saja. Yang terpenting adalah kita mau membaca, mengamati, bertanya dan mendengar. Lebih dari itu, kita harus meniru berpikir ilmiah sekaligus mencari jawaban dan nilai tambah. Jangan lupa kita harus membangun rasa percaya diri.

Unsur-unsur dalam penelitian :

1. Menemukan masalah

Misalnya mayoritas (75 %) siswa tidak dapat menguasai keterampilan memecahkan soal matematika dasar. Masalah ini dikategorikan sebagai masalah nyata, karena memang didukung data-data empiris seperti hasil tes kemampuan awal, nilai tugas awal, nilai pemahaman konsep, nilai afektif, data hasil observasi, dan catatan-catatan penting harian seorang guru.

2. Memilih metode

Untuk memecahkan masalah yang dihadapi, perlu metode misalnya meningkatkan minat belajar matematika melalui penyampaian metode perhitungan cepat.

3. Membaca buku (referensi)

Sebagai acuan dan landasan teori ilmiah untuk menunjukkan ketepatan pilihan suatu tindakan yang akan diberikan dan sebagai alat untuk membantu dalam pemecahan permasalahan penelitian.

4. Mengumpulkan data

Data diperoleh dari tes, pengamatan, catatan jurnal, analisis dokumen, kartu, portofolio, wawancara, kuesioner (angket), rekaman suara, gambar (video), sosiometri dan slide. Berguna sebagai bahan pertimbangan mengenai keberhasilan suatu bentuk tindakan yang dilakukan sebagai alternatif pemecahan masalah sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan.

5. Analisis data

Data yang masuk kemudian dianalisis menurut 3 tahapan. Pertama, reduksi data. Artinya data dipilah-pilah, data mana saja yang sekiranya bermanfaat dan data mana yang dapat diabaikan. Supaya data yang terkumpul benar-benar memberikan informasi yang bermakna. Kedua, paparan data. Artinya data dapat ditampilkan dalam bentuk narasi, grafis, tabel, dan matriks sehingga berfungsi menunjukkan informasi tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan variabel yang satu dengan yang lain. Ketiga, penyimpulan. Artinya proses menarik intisari atas sajian data dalam bentuk pernyataan yang singkat dan padat tetapi mengandung pengertian yang luas.

6. Menulis laporan

Merupakan bentuk karya tulis ilmiah. Penulisannya terdiri atas : A). Bagian awal seperti halaman judul, abstrak atau sari karangan, kata pengantar dan daftar isi. B). Bagan utama seperti pendahuluan, kerangka konseptual, metode penelitian, hasil penelitian, hasil penelitian, dan penutup. C). Bagian akhir seperti daftar pustaka dan lampiran.

Semoga tulisan ini membawa manfaat yang banyak.

0 comments:

Post a Comment

 
 

Copyright  ©  UP DATE SUBANINDRO