About Us



Want to be like you who have the spirit to master the internet from a slightly
 

Tuesday, May 19, 2009

Peningkatan Mutu Guru

Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas sangat bergantung kepada peningkatan kualitas guru di kelas tersebut. Untuk membantu meningkatkan kualitas guru di kelas diperlukan upaya yang sistematis di kelas tersebut. Salah satu upaya itu adalah guru di kelas harus melakukan penelitian tindakan kelas. Guru harus belajar tiada henti untuk mengembangkan potensi diri, kreativitas, dan komitmen terhadap pengembangan profesinya. Ini adalah konsekuensi dari guru profesional.

Guru profesional harus senantiasa mengasah dirinya dengan ilmu-ilmu terkait. Misalnya ia harus belajar Undang-Undang Guru dan Dosen. Ia harus mencari referensi-referensi terkait sesuai bidang ajarnya. Jika belum menemukan atau bahkan belum ada referensinya maka ia dengan berani mencoba membukukan hal-hal baru yang ditemukannya. Baik yang berkaitan dengan model-model pembelajaran, alat-alat peraga maupun strategi dalam melaksanakan skenario pembelajaran.

Semuanya itu tanpa berarti kecuali ada motivasi dahsyat dari dalam diri guru bahwa memang ia diciptakan untuk berprestasi dalam rangka ikut memperbaiki mutu proses pembelajaran di kelas pada khususnya dan pendidikan pada umumnya.

0 comments:

Post a Comment

 
 

Copyright  ©  UP DATE SUBANINDRO